Hiburan

Ini Dia Sosok Pencipta Lagu Aceh Tanoh Lon Sayang, Kamu Pasti Belum Mengenalnya

Selidiki Pencipta Lagu Aceh Tanoh Lon Sayang
Sumber: https://services.gardanasional.id

SelidikiAceh – Lagu paling popular di Aceh dan semua kalangan di Aceh tahu lagu ini. Bahkan lagu ini telah menjadi lagu wajib di Aceh serta menjadi lagu yang wajib diajarkan kepada anak-anak Aceh mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah.

Penggalan lagu Tanoh Lon Sayang yang berada dibawah ini berjudul asli Atjeh Lon Sayang.

Lagu itu dipercaya diciptakan oleh Teuku Djohan, namun siapakah sebenarnya Teuku Djohan?

Dari hasil pencarian di Google, Teuku Djohan merupakan seorang perwira TNI yang berpangkat Mayor Jenderal dan pernah menjabat sebagai wakil gubernur Aceh yang sebenarnya sangat jauh dari perkara cipta mencipta lagu.

Daerah Aceh, tanoh lon sayang
nibak tempat nyan, lon udep matee

Tanoh keuneubak, indatu moyang
lampoh deungon blang, luah bukeon lee

Tanoh keuneubak, indatu moyang
lampoh deungon blang, luah bukeon lee

Keureuja udep, na so peutimang
na so peuseunang, keureuja matee

Hate nyang susah, lon rasa seunang
aceh lon sayang, sampo’an matee

Hate nyang susah, lon rasa seunang
aceh lon sayang, sampo’an matee

Setelah sekian lama mengulik-ngulik informasi tentang pencipta lagu ini, juga timbul satu sosok lain yang diyakini sebagai pencipta lagu Tanoh Lon Sayang yang sebenarnya.

Dia adalah Anzib Lamnyong, seorang legenda atau maestro musik Aceh dan juga seorang sastrawan yang telah menghasilkan ratusan judul lagu legendaris.

Lagu-lagu ini terbagi dalam tiga kategori yaitu Irama Daerah Atjeh (1916-1967), Buhu Atjeh (1950-an) dan Irama Atjeh Baroe (1964).

Lagu Aceh Lon Sayang termasuk dalam lagu-lagu yang diciptakan pada era Irama Daerah Atjeh.

Ada kemungkinan yang sebagian orang mengganggap bahwa Teuku Djohan yang seorang Jenderal TNI berkolaborasi dengan Anzib Lamnyong, sehingga lagu itu juga berhak diatas namakan kepada Teuku Djohan sebagai penciptanya.

Lalu bagaimana ceritanya kalau Anzib Lamnyong menciptakan lagu Atjeh Lon Sayang berubah judul menjadi Tanoh Lon Sayang dengan mengatasnamakan Mayjen Teuku Djohan?

Hingga saat ini masih menjadi spekulasi di kalangan pencinta musik Aceh dan pecinta sastra di Aceh. Lalu, bagaimana menurut Anda ketahui selama ini? Berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ya!

Terpopuler

To Top